Adsense Header

Jokowi Luncurkan Hunian DP 1%, Anies Makin Yakin Program DP 0 Rupiah Bisa Terwujud

Arahkompas.com - Cagub DKI Jakarta terpilih versi hitung cepat Anies Baswedan semakin optimistis program rumah dengan DP 0 rupiah dapat direalisasikan. Keoptimisan Anies itu melihat terobosan Presiden Joko Widodo yang mengeluarkan program hunian dengan DP 1 persen.

Anies Baswedan

Anies menyebut program terobosan DP 0 rupiah itu sudah diperhitungkan dari berbagai aspek. Kini pihaknya tinggal menunggu kesempatan untuk mengeksekusi program terobosan tersebut.

"Iya lah dari awal kami optimistis terus, karena memang bisa dikerjakan. Kalau kami itu di mana-mana kalau anda punya terobosan, punya dasarnya, bisa dikerjakan, yang dibutuhkan tinggal kesempatan untuk menjalankan," ucap Anies menanggapi program Rusunami dengan DP 1 persen Presiden Jokowi, di Lebak Bulus Dalam I, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (28/4).

Program rumah dengan DP 0 rupiah dikatakan Anies akan mulai direalisasikan sejak tahun pertama ia menjabat sebagai Gubernur DKI. "Karena itu masalah mekanisme pembiayaan saja kok, bukan bikin rumah kan, pembiayaan saja," ujar Anies.

Sementara menurut Cawagub DKI Sandiaga Uno, program rumah DP 0  rupiah tak akan terlaksana bagi orang yang pesimis. Meskipun, orang tersebut telah diberikan kesempatan untuk melaksanakan program itu.

"Tapi kalau ini dari awal percaya dan kalau perhitungan keuangannya bisa. Kemudian peraturannya memungkinkan dan sudah banyak dipraktikkan di berbagai negara," ungkapnya.

Sebelumnya pada Kamis (27/4) Presiden Joko Widodo meresmikan ground breaking proyek pembangunan rusunami di area Urban Town Lotvilless, Serpong, Tangerang. Hunian tersebut disediakan untuk para pekerja atau buruh dengan harga jual Rp 293 juta dan DP 1 persen. (KMP)

Subscribe to receive free email updates: