MIRIS!! Pelapor Diancam Hukuman 6 Tahun, Penista Dituntut 2 Tahun Masa Percobaan

shares

Arahkompas.com - Tersangka kasus ujaran kebencian lewat media sosial Buni Yani membandingkan jeratan hukum yang dialaminya dengan terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Buni Yani Bandingkan Kasusnya dengan Ahok
"Orang yang mengabarkan kebenaran diancam enam tahun dan dikenakan UU ITE pasal 28 ayat 2 sementara (soal hukumannya) sedangkan orang yang melakukan bicara kurang etis soal penistaan agama itu dituntut satu tahun (Ahok). Itu percobaan juga yang sudah tidak pasti masuk penjara," kata Buni di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Menurut Buni, dia hanya memuat paraphrase quotetation (kutipan frase) yang kerap diggunakan dalam dunia akademik. Untuk itu, ia menduga kasusnya sengaja dobolak-balikan oleh penegak hukum.

"Jika pakai kutipan frase disebut melakukan ujaran kebencian, maka dosen dan wartawan bisa-bisa dianggap salah semua," tuturnya.

Diketahui Buni Yani telah ditetapkan sebagai tersangka, ia dikenakan Pasal 28 ayat 2 UU ITE terkait menyebarkan ujaran kebencian menggunakan video Ahok di Kepulauan Seribu tentang Surat Al Maidah ayat 51, di media sosial miliknya. (IDC)

Related Posts