Adsense Header

Polda Metro Jaya Tidak Izinkan International Khilafah Forum, Padahal Zaman SBY Boleh Lho Pak

Arahkompas.com - Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) berencana akan menggelar kegiatan 'International Khilafah Forum 1438 H' di Gedung Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu, (23/42017) besok. Dalam undangan yang viral di media sosial, acara tersebut bertemakan 'Khilafah Kewajiban Syar'i Jalan Kebangkitan Umat'.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menegaskan, pihaknya tidak memberikan izin penyelenggaraan acara tersebut.

"Berkaitan dengan kegiatan hari Minggu yang dilakukan oleh HTI, pada prinsipnya Polda Metro Jaya tidak mengizinkan kegiatan itu," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (22/4/2017).

Argo menambahkan, sejauh ini belum ada izin resmi yang dilayangkan pihak penyelenggara kepada pihak kepolisian. Namun, jika pihak penyelenggara mengajukannya pun pihak kepolisian tidak akan memberi izin.

Argo tidak menjelaskan mengapa kegiatan tersebut tidak diizinkan. Menurut dia, berdasarkan undangan yang beredar, kegiatan tersebut akan didatangi oleh massa yang banyak.

Dia mengatakan, pihak intelijen sudah menganalisa ancaman hal-hal yang tidak diinginkan terjadi karena kegiatan tersebut. Karena itu, pihaknya tidak memberi izin.

"Kami putuskan kami enggak keluarkan izin, intelijen punya data berkaitan itu," kata Argo.

Kegiatan sejenis pernah diselenggarakan HTI pada era pemerintahan SBY. Ketika itu acara yang bertajuk Konferensi Internasional Khilafah dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada hari Minggu 12 Agustus 2007.

Tercatat Prof. Dr. Din Syamsuddin turut menghadiri konferensi yang diramaikan ribuan kontingen dari dalam negeri dan dari sejumlah negara Islam tersebut.

Pada 2 Juni 2013 HTI kembali menggelar Muktamar Khilafah di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Bila di era SBY diizinkan, mengapa sekarang terancam tidak akan mendapat izin? (WU)

Subscribe to receive free email updates: