Adsense Header

Sandiaga Ingin Lepas Saham Bir, Kok Reaksi Ahok Begini?

Arahkompas.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menanggapi niat Sandiaga Uno menjual saham Pemprov DKI Jakarta di perusahaan pemilik lisensi bir, PT Delta Djakarta Tbk (DLTA), jika menjabat wakil gubernur Jakarta.
Image result for saham bir
Ahok menilai, alasan Sandiaga menjual saham bir karena minuman beralkohol itu dilarang dikonsumsi, dan lebih menyangkutkan dengan hukum agama. Sebab, saham bir Pemprov DKI diatur dalam Perda. "Kalau cuma alasan enggak boleh produk bir, enggak boleh punya saham, itu Perda loh yang atur. Kita bukan negara syariat agama, ini negara Pancasila," tegas Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Ahok tidak masalah dalam kampanye Pilkada DKI, Sandiaga menjual isu agama. Namun, terkait rencana menjual saham bir dengan alasan agama, Ahok menolak.

"Anda kalau mau kampanye jual agama, silakan. Tapi begitu anda masuk (sebagai wakil gubernur), anda tidak bisa bikin sesuatu dengan alasan syariat agama. Ini negara Pancasila. Dasar kita sangat jelas, kampanye mau gertak orang silakan, tapi melaksanakan negara ini ada aturannya," tutur Ahok.

Jika nantinya Sandiaga tetap menjual saham bir itu, Ahok mengingatkan agar penjualan saham transparan. Terlebih, saham bir sudah ada sejak zaman pemerintahan Ali Sadikin dan memiliki keuntungan yang besar. "Bagi saya, apa pun boleh, transparan saja, trrus alasannya apa. Yang pasti itu perusahaan ada udah lama dari tahun 70-an Pak Ali Sadikin. Perusahaan sangat untung. Kalau mau jual silakan lelang terbuka. Supaya yang beli jelas. Saya kalau ada uang saya beli," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Sandiaga berencana melepas saham Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dari perusahaan produsen minuman beralkohol, PT Delta Djakarta Tbk.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki saham mencapai 26,25 persen di PT Delta Djakarta Tbk. Kepemilikan saham pemprov DKI di perusahan itu sudah dimiliki sejak tahun 1970-an.

Perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut merupakan perusahaan yang memproduksi minuman bir kemasan dengan sejumlah merk internasional, yakni San Miguel, Carlsberg, dan Anker. (WAR)

Subscribe to receive free email updates: