Adsense Header

"Dalam Beberapa Kegiatan Dia Sering Ikut, Contohnya Aksi 212"

Arahkompas.com - Direktorat Cyber Crime Bareskrim Polri tengah memeriksa intensif HP, tersangka ujaran kebencian yang ditangkap Sabtu (27/5) lalu.

Dia adalah admin akun instagram muslim_cyber1 yang menyebarkan chat palsu antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono. HP diketahui pendukung Habib Rizieq Shihab yang merasa tak terima Rizieq dikriminalisasi hingga akhirnya menyebarkan chat palsu itu.

Lantas siapakan sosok HP ini?

Direktur Cyber Crime Bareskrim Polri, Brigjen Fadil Imran memastikan HP bukanlah anggota ormas tertentu. Sekalipun dia ikut dalam kegiatan ormas tersebut. "Dalam beberapa kegiatan dia sering ikut. Contohnya aksi 212," kata Fadil di Divhumas Polri, Selasa (30/5).

Fadil mengaku tak mempermasalahkan sikap dari HP yang membela para ulama. Hanya saja, kata dia, aksi pembelaannya tidak perlu menggunakan unsur kebencian dan provokasi.
Image result for TERSANGKA chat kapolri

"Dia boleh saja membela, tidak dilarang. Yang kami pidanakan adalah adanya unsur kebencian dan memprovokasi masyarakat dalam postingannya," teranf Fadil.

Lanjut dia menerangkan, dalam sehari HP bisa mengunggah 3 sampai 5 konten. "Itu diposting rutin oleh yang bersangkutan," sambung dia.

Tak hanya chat palsu Kapolri, ternyata HP juga kerap kali menggunggah konten bernada permusuhan dan provokatif. Namun, Fadil tidak membeberkan unggahan HP yang dianggapnya memenuhi unsur pidana itu.

"Banyak postingan akun instagram yang mengandung unsur-unsur SARA. Yang dapat mengakibatkan permusuhan. Salah satunya oleh yang bersangkuta," tambah Fadil.

Diketahui HP ditangkap di rumahnya, Jalan Damai, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Selasa 23 Mei 2017 lalu. Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa satu telepon genggam dan dua kartu SIM.

Akibat perbuatannya, HP diancam Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 huruf a ayat 2 UU No 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1 UU No 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. (JAW)

Subscribe to receive free email updates: