Adsense Header

HARI INI! Waktu yang Tepat Untuk Cek Arah Kiblat, Begini Cara Gampangnya

Arahkompas.com - Di hari kedua awal Ramadan ini menjadi momen penting bagi umat muslim. Pasalnya sore nanti matahari akan berada tepat di atas kakbah dan menjadi waktu yang tepat untuk menyempurnakan arah kiblat.
Begini Cara Sederhana Sempurnakan Arah Kiblat di Awal Ramadan
"Kebetulan hari ini, pukul 16.18 WIB nanti matahari akan berada tepat di atas kakbah, jadi waktu yang pas untuk meluruskan kembali dan menyempurnakan arah kiblat," kata Kasubdit Hisab Rukyat Nur Khazin, saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (27/5/2017) malam.

Menurut Khazin, cara mengoreksi arah kiblat sangat sederhana. Bisa menggunakan sebuah tongkat yang ditaruh di atas tanah lapang sembari mengamati arah bayangan yang muncul. Arah bayangan itu lah yang menunjukkan arah kiblat.

"Jadi tinggal digaris arah kiblat atau mimbarnya untuk diluruskan dari bayangan itu. Tapi kalau memang dirasa sudah benar dan tepat, tidak diluruskan juga tidak apa-apa karena memang ini untuk memberikan keyakinan kita ketika menghadap salatnya agar lebih nyaman dan lebih yakin lagi kalau dirasa belum pas," jelasnya.

Lalu bagaimana jika cuaca langit mendung dan cahaya matahari terhalang? Khazin mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir karena fenomena A'dham atau Rashdul Qiblah ini berlangsung selama beberapa hari.

"Sebenarnya ada tenggang waktu dari 27 sampai 29 Mei, jadi ada toleran yang bisa dipakai, cuma yang tepat pas hari ini. Namun masyarakat tidak perlu resah, fenomena ini hanya untuk lebih meyakinkan posisi kita dalam beribadah, apa sudah lurus ke kiblat atau belum," tutur Khazin.

Sementara itu Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa pada 26-30 Mei 2017 matahari akan tepat berada di atas Kakbah. Fenomena itu pun berlangsung pukul 16.13-16.23 WIB.

"Pada saat itu matahari berada di atas Mekkah, sehingga kalau kita lihat matahari, itu sesungguhnya kita menghadap ke arah Mekkah, saat itu lah untuk menyempurnakan arah kiblat," kata Thomas dalam pesan singkatnya, Sabtu (27/5). (DET)

Subscribe to receive free email updates: