Pengajian Dibubarkan, Pengulangan Sejarah Masa PKI

shares

Arahkompas.com - Awalnya saya rada-rada rungsing juga denger berita pengajian bertema remaja dibubarkan paksa..sebelumnya pengajian bertema keluarga juga dibubarkan paksa..kalau di Jakarta & Jabar yang di sweeping tempat-tempat kemaksiatan, di Jateng & Jatim yang dibubarkan pengajian..
Image result for iklan pki 1955

Setelah melihat kembali data-data lama, data pemilu 1955, saya hanya berpikir mungkin masih banyak PR masa lalu yang masih belum selesai..

Urutan pemenang 4 besar Pemilu 1955:

Jatim :
1. Partai NU
2. PNI
3. PKI
4. Masyumi

Jateng:
1. PNI
2. PKI
3. Partai NU
4. Masyumi

Jabar:
1. Masyumi
2. PNI
3. PKI
4. Partai NU

Jakarta
1. Masyumi
2. PNI
3. Partai NU
4. PKI

Secara Nasional:
1. PNI
2. Masyumi
3. Partai NU
4. PKI

Pada tahun 1955 saja, PKI berhasil meraih suara lebih dari 6jt, dengan basis utama di Jawa, khususnya Jateng & Jatim.

PKI sangat pandai memanfaatkan kedekatannya dengan pemerintahan Nasionalis

Soekarno, sehingga tidak sedikit kebijakan strategis & operasional pada masa-masa akhir ordelama dipengaruhi kuat oleh ide-ide PKI..

Ide nya sederhana: adu domba rakyat & jauhkan rakyat dari agama & ulama..

Kriminalisasi ulama, ustadz, kyai pada jaman itu sudah biasa..jangankan da'i level kampung, ulama sekaliber Buya Hamka saja bisa dipenjara tanpa dosa..

Kebencian antar kelas dihidup-hidupkan, penistaan agama pada masa itu terlaksana secara terstruktur, sistematis & massif mulai dari sekolah, universitas dan pemerintahan.

PKI sebagai partai memang sudah bubar & sudah lama menjadi partai terlarang..tapi idelogi & pengikutnya yang banyak itu tentu tidak serta merta hilang..malah boleh jadi demokrasi saat ini memberi ruang ideologi PKI untuk berkembang..

Jadi, gak usah bingung kalau hari-hari ini ada kesan rakyat terbelah, ya mungkin memang sengaja ada yang sedang membelah..gak usah heran jika sebagian rakyat nyinyir terhadap agama & ulama, ya mungkin memang begitu info & pelajaran yang mereka terima di sekolah, keluarga & media..gak usah gelisah kalau pengajian-pengajian dibubarkan paksa, ya mungkin harus ada yang diulang dari jalannya sejarah..

Yang jelas, kita yang mencintai negeri ini dengan sepenuh jiwa harus bergerak lebih cepat & berjuang lebih kuat lagi untuk menyelamatkan negeri ini dari para purusak..!!

Mukhamad Najib

Related Posts