Adsense Header

12 Fakta Unik yang Bikin Anda Makin Cinta Mars

Selama beberapa dekade terakhir, manusia telah mengirimkan puluhan penyelidikan dan satelit ke Mars. Berbagai foto yang dikirimkan dari planet tersebut telah menghidupkan imajinasi kita, menginspirasi film fiksi ilmiah seperti The Martian, dan memberi CEO SpaceX, Elon Musk, ide untuk mengoloni planet merah tersebut.

Namun, seberapa banyakkah yang sudah Anda ketahui mengenai planet tetangga bumi tersebut? Meski manusia belum tiba dan berada di sana, para ilmuwan telah menemukan banyak hal tentang Mars.

Berikut ini adalah 12 fakta menarik tentang Mars yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Luas permukaan

Dengan angka 55.742.1065 mil persegi, luas permukaan daratan Mars hampir serupa dengan bumi yang mencapai 57.308.757 mil persegi. Akan tetapi, angka ini belum melibatkan 70 persen permukaan Bumi yang diselimuti air.

2. Temperatur udara

Rata-rata temperatur udara di Mars adalah -63 derajat Celsius, sekitar 77 derajat Celsius lebih dingin dibandingkan Bumi. Dengan suhu tersebut, manusia akan mati membeku dalam waktu kurang dari dua jam.

3. Atmosfer

Atmosfer yang dimiliki Mars 61 kali lipat lebih tipis dibandingkan Bumi. Kandungan gas yang menutupi Mars juga hampir seluruhnya terdiri dari karbon dioksida. Padahal, karbon dioksida hanya mencakup 0,04 persen dari atmosfer bumi.

4. Jurang Valles Marineris

Jurang yang berada di Mars ini lima kali lipat lebih dalam dari Grand Canyon di bumi. Valles Marineris juga sekitar empat kali lebih panjang dan 20 kali lebih lebar dari Grand Canyon.

5. Lautan purba

Berbeda dengan tampilannya sekarang, Mars pernah memiliki samudra. Namun, bila semua air yang pernah ada di planet tersebut ditumpahkan di bumi, jumlahnya hanya akan menambahkan 1,5 persen kandungan air yang dimiliki Bumi.

6. Oasis

Jika alien pernah hidup di Mars, mereka mungkin hidup di oasis yang berbentuk seperti kolam renang. Kolam tersebut dapat dihuni mahluk hidup seperti layaknya di bumi.

7. Tsunami

Tsunami juga pernah terjadi pada samudra di Mars. Para peneliti memperkirakan bahwa ketinggian ombak mungkin mencapai 122 meter. Walaupun terdengar mengerikan, tinggi itu tidak seberapa berbeda dengan bianglala London Eye yang berputar pada ketinggian 135 meter di atas sungai Thames.

8. Lapisan es

Seperti bumi, Mars mempunyai lapisan es di kutubnya. Di kutub utara Mars, lapisan es mencapai kedalaman 3,2 kilometer dan menutupi area yang lebih luas daripada negara bagian Texas di Amerika Serikat.

9. Gunung berapi

Gunung berapi di Mars, Olympus Mons, dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan Mauna Loa, salah satu dari lima gunung berapi yang membentuk pulau Hawai.

10. Tingkat peluncuran

Misi penjelajahan ke Mars menjadi lebih jarang sejak tahun 1970. Padahal, di antara tahun 1960 hingga 1970, 23 peluncuran telah dilakukan. Sementara itu, sejak tahun 2000 hingga 2016 hanya ada 10 peluncuran roket ke planet tersebut.

11. Misi penjelajahan

Walaupun bertetangga dengan bumi, nyatanya sangat sulit bagi wahana antariksa untuk mencapai Mars. Lebih dari sepertiga misi penjelajahan yang diluncurkan mengalami kegagalan.

12. Tanggal wajib

Tandai tanggalan anda, 23 Maret 2019 merupakan tahun baru bagi Mars. Jika berminat, Anda bisa keluar rumah pada tanggal tersebut untuk meniupkan terompet dan berteriak, "Selamat tahun baru Mars!".

Subscribe to receive free email updates: