Adsense Header

BBM Dipaksakan Satu Harga Seluruh Indonesia Demi Pencitraan, Pertamina Tekor

Arahkompas.com - Mantan Direktur Utama Dwi Soejipto mengaku rugi menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium satu harga yang sama dari Sabang sampai Merauke.
Image result for pertamina rugi
Dwi menceritakan hal tersebut kepada Faisal Basri secara pribadi. "Pak Dwi sampaikan ke saya secara langsung, mudah-mudahan saya tidak dituntut," ujar Faisal di diskusi KAHMI, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Menurut Faisal, salah langkah pemerintah Presiden Jokowi memaksa Pertamina jual BBM satu harga. Pasalnya pemerintah tidak peduli dengan kerugian yang diderita Pertamina.

"Kerugiannya pemerintah enggak mau peduli, ini tata cara bernegara yang enggak baik," ungkap Faisal.

Menurut Faisal seharusnya pemerintah melakukan kesepakatan politik terkait kesetaraan harga BBM di semua Provinsi.

Jika ada harga yang masih mahal, Faisal menyarankan pemerintah siapkan subsidi BBM. "Harus buat pernyataan politik harga sama, tapi menyedikaan subsidi," kata Faisal.

Faisal menambahkan sebagai BUMN, Pertamina tidak boleh merugi. Apalagi dalam ceritanya Dwi kepada Faisal, kerugian yang diderita perseroan mencapai Rp 800 miliar.

"Niscaya Pertamina tidak tinggal diam, Pertamina rugi 800 miliar akibat kebijakan ini, dia dipentung ibu Rini Soemarno dia enggak mau," pungkasnya. (TRI)

Subscribe to receive free email updates: