Adsense Header

Demi Sains, Perusahaan Ini Kirim Sandwich Ayam ke Stratosfer

Sebuah perusahaan yang berbasis di Arizona, World View, memiliki tujuan yang ambius. Mereka ingin mengirimkan manusia ke batas atas atmosfer dengan menggunakan balon udara.

Namun, sebelum hal itu terjadi, World View berencana mengirimkan sesuatu yang lebih kecil terlebih dahulu, yakni ayam goreng. Lewat pengumuman resminya, World View akan mengirimkan Zinger, sandwich ayam KFC, ke stratosfer selama beberapa hari.

Sandwich tersebut akan menaiki Stratollite, kendaraan balon udara milik World View yang bertindak seperti satelit kecil, tetapi meluncur tanpa roket dan tidak mengorbit bumi. Stratollite didesain untuk mengapung di ketinggian 30 kilometer. Selain itu, balon udara ini juga akan membawa instrumen penelitian yang bisa menyediakan layanan komunikasi atau memindai permukaan bumi.

Untuk tetap berada di atmosfer bagian atas dalam waktu yang lama, Stratollite dirancang untuk "menjelajah" angin dengan ketinggian yang luar biasa. Stratollite juga akan menggunakan data yang dikumpulkan oleh layanan cuaca nasional dan instrumen stratollite untuk menentukan arah saat menghadapi angin di stratosfer.

Agar dapat menunggangi angin, Stratollite dapat mengeser ketinggiannya dan tetap berada di lokasi yang sama di atas bumi. Teknik seperti ini memungkinkan Stratollite terbang dalam lingkaran yang berjarak beberapa mil. "Bayangkan saja seperti berlayar di stratosfer. Kami berlayar dengan angin dan mengambil keuntungan dari fakta bahwa angin bisa bergerak ke arah mana pun," kata CEO World View Jane Poynter seperti dilansir dari The Verge pada Jumat (16/7/2017).

Penerbangan ini juga merupakan kali pertama semua subsistem yang berbeda dari Stratolite diuji. Sebelumnya World View telah menguji bagian-bagian dari sistem kontrol ketinggian dan bagian dari sistem komunikasi. Namun, kali ini semua sistem akan bekerja bersamaan menggunakan tenaga surya.

Taber MacCallum, pendiri dan Chief Technology Officer World View, berkata bahwa selama penerbangannya, Stratolite akan membawa muatan seberat 50 kilogram yang kebanyakan diisi dengan sandwich ayam. Selain itu, balon udara ini juga akan membawa beberapa barang unik lainnya seperti "sistem sandwich ayam terbang yang menjaga ayamnya terlihat bagus". Sebuah kamera juga diletakkan di beberapa titik Stratolite untuk mengambil foto sandwich ayam selama di perjalanan.

Setelah menerbangkan sandwich ayam, World View berharap Stratolite dapat menyediakan layanan yang mirip seperti satelit dengan biaya yang jauh lebih murah karena tidak perlu meluncurkan roket berharga jutaan dolar.

Poynter berpikir bahwa balon udara ini juga akan dapat membantu penelitian cuaca dan peringatan evakuasi lanjutan. "Jika anda menerbangkan Stratollite di area itu dengan radar yang mengarah ke bumi, maka Anda akan bisa mendapatkan informasi angin yang sangat tepat. Jadi, Anda akan memberikan masyarakat peringatan berjam-jam sebelum tornado datang."

Bila telah tercukupi, World View akan megirimkan orang untuk berwisata ke luar angkasa melalui proyek yang disebut dengan Voyager. Pelanggan Voyager akan mengapung di atmosfer selama lima hingga enam jam.


Alat transportasi tersebut akan dilengkapi dengan kabin mewah dan jendela besar di mana penumpang dapat melihat lengkunga bumi. Selama perjalanan, pelanggan juga akan mendapatkan fasilitas lengkap seperti kamar mandi, bar, dan Wi-Fi.

Namun, tentunya sebelum semua itu terjadi, sandwich ayam harus terbang lebih dulu. Sandwich KFC tersebut telah direncanakan untuk meninggalkan bumi menjelang akhir bulan, dengan jendela peluncuran Stratollite dibuka mulai 21 Juni 2017, dari lokasi terpencil sejauh 65 kilometer di luar Tucson, Arizona. World view bahkan berencana menyiarkan misi penerbangan itu secara langsung.

"Kami gembira menjadi yang pertama mendorong sandwich pedas dan renyah ke perjalanan luar angkasa," kata presiden KFC Kevin Hochman.

Subscribe to receive free email updates: