Adsense Header

Diklaim Untuk Rakyat, Tanah Reklamasi Diperkirakan Rp 40 Juta per Meter Persegi, Rakyat Mana yang Mampu Beli?

Arahkompas.com - Reklamasi Teluk Jakarta yang akan dilakukan pemerintah pusat mendapat penolakan banyak pihak. Reklamasi juga akan menurunkan pendapatan nelayan di pesisir Jakarta.

Pembangunan reklamasi di Teluk Jakarta diduga memiliki kepentingan bisnis, yang diakui dapat mendongkrak perekonomian.

Namun tahukah Anda, megaproyek Reklamasi Teluk Jakarta tersebut menghabiskan dana yang cukup fantastis.

Reklamasi yang dilakukan di Teluk Jakarta oleh pemerintah pusat memiliki nominal rupiah yang cukup menggiurkan. Diketahui untuk membuat 17 pulau reklamasi tersebut memerlukan dana sebesar Rp300 triliun.

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan, Abdul Halim, merincikan hal tersebut, untuk membangun pulau reklamasi di Teluk Jakarta selain membutuhkan dana Rp300 triliun, pengembang juga membutuhkan 330 juta meter kubik untuk melakukan pengurukan di perairan.

"Dari tanah sebanyak itu nanti akan ada 6.000 hektare titik dalam bentuk 17 pulau," terangnya saat berbincang dengan Okezone, Kamis (15/6/2017).

Selain itu, Halim juga membeberkan, untuk setiap pulaunya tanah yang akan dijual oleh pengembang diperkirakan bisa mencapai Rp40 juta per meter.

"Harga perkiraan hasil tanah reklamasi bisa mencapai Rp40 juta per meter persegi dan 70% dikuasai oleh pihak swasta,” tukasnya. (OKE)

Subscribe to receive free email updates: