Adsense Header

Doktrin Pancasila di Masa Orba, Akankah Kini Terulang?

Image result for pancasila orde baru
Arahkompas.com - Pada masa Orde Baru, Pancasila menjadi kata sakti yang diindoktrinasikan ke segenap warga dengan berbagai cara. Ada PMP untuk para pelajar, kewiraan untuk mahasiswa dan penataran P-4.

Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan Orde Baru untuk mewajibkan Asas Tunggal Pancasila lewat UU No. 8 tahun 1985? Ini rekaman jalan panjangnya.
Doktrin Pancasila di Masa Orba

1971


Kuliah tentang Filsafat Pancasila menjadi KURIKULUM WAJIB di universitas negeri.

1973


MPR menetapkan bahwa kurikulum SETIAP JENJANG pendidikan harus mencantumkan PMP dan segi-segi lain yang sesuai untuk menularkan semangat/jiwa dan cita-cita 1945 kepada generasi muda.

1974


Pemerintah memperkenalkan mata kuliah Kewiraan.

1975


Pelajaran PMP diperkenalkan di sekolah-sekolah, menggantikan "Budi Pekerti" (etik) dan "Pendidikan Kewarganegaraan" (civic).

1976 - 1977


Buku teks PMP (Pendidikan Moral Pancasila) diterbitkan.

1978


Indoktrinasi tentang Pancasila secara lebih luas diperkenalkan lewat P-4 (Pedoman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila). Presiden Soeharto kemudian membentuk penasihat presiden, P-7 (Penasihat Presiden tentang Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) yang diketuai oleh Roeslan Abdulgani. Tugas P-7 adalah melatih para calon penatar dan merancang materi indoktrinasi.

1 Oktober 1978


Presiden Soeharto membuka penataran P-4 tingkat nasional untuk para pejabat senior.

Maret 1979


Dibentuk BP-7 (Badan Pembinaan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila).

1985


Terbit UU No. 8 Tahun 1985 tentang Kewajiban Organisasi-organisasi Kemasyarakatan menjadikan Pancasila sebagai satu-satunya asas (Asas Tunggal). (DET)

Subscribe to receive free email updates: