Adsense Header

Hanum Ungkap Kisah di Balik Foto Amien Rais yang Disindir Goenawan Mohamad

Arahkompas.com - Cuitan Goenawan Mohamad dengan foto Amien Rais sedang tertunduk disoroti Ketum PAN Zulkifli Hasan. Putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais, juga menyayangkan foto tersebut dibahas dengan konteks yang tidak tepat. Begini kisah dalam foto tersebut yang disampaikan Hanum melalui akun Instagram-nya.
Image result for amien rais

Lewat akun @hanumrais, Hanum mengungkapkan cerita tentang ayahnya yang setia menunggu di rumah sakit ketika dirinya melahirkan. Dia menyebut sang ayah berperan besar memberi motivasi dan semangat saat dirinya mengalami keguguran kala itu.

Dia sekaligus mengunggah foto Amien. Dalam foto tersebut, terlihat Amien menundukkan kepala sambil memegang kedua tangan.

"Perisai Lahir Batin Amien Rais. Bag 3. (Foto: Bapak berzikir saat menunggu operasi saya melahirkan Sarahza taken by Rangga). Bapak tampak tidak suka dengan kelemahan iman saya ini. Ia kemudian duduk menghadap saya "num lihat ya rumah sakit ini. Lihat baik baik. Ruangan-ruangannya, nursing stationnya, semuanya," tulis Hanum lewat akun @hanumrais, tiga hari yang lalu.

Saat itu, Hanum mengatakan tidak mengerti maksud ucapan sang ayah. Dia masih menangis dan meratap tak rela kehilangan anak yang dikandungnya. Namun Amien kembali mengatakan kata-kata hikmah di balik sebuah kehilangan yang dirasakan Hanum.

"Saya masih menangis meratapi janin 11 minggu yang barusan dimakamkan. 'Nduk, kamu keguguran itu memang sebuah kesedihan, tapi lihatlah kabar baiknya: kamu bisa HAMIL! Setelah sekian tahun tanpa ada hasil! Kamu punya benih! Bahkan bisa simpan 3 embrio yg bisa digunakan lagi'," tulis Hanum menirukan ucapan Amien Rais.

"Allah memberi kabar baik: kamu wanita yang bisa hamil. Bukan manusia yang disebut di dalam Alquran yang memang ditakdirkan Allah tidak diberi benih. Tinggal masalah waktu kamu harus terus mencoba," lanjutnya.
Postingan Hanum di Instagram tentang Amien Rais.
Mendengar ucapan dan dorongan semangat dari sang ayah, Hanum pun perlahan tersadar. Dia mulai bangkit dan mencoba menerima ujian yang diberikan Tuhan. Dia juga mendapat nasihat agar lebih mendekatkan diri kepada Tuhan setelah pulang dari rumah sakit.

"Mataku yang sembab seketika sedikit melebar. Ada keberkahan yang luput dari kacamataku. Yang bisa dibaca Bapak. 'Nduk, ingat suatu saat nanti! Ingat! Bapak akan menggeledek kamu melewati ruangan-ruangan RS ini, melewati nursing station ini, dengan kamu tersenyum mendekap seorang bayi. Bapak yakin. InsyaAllah. Pulang dari rumah sakit ambil wudhu, sholat, dzikir, ngaji dan jangan lupa sedekahnya dikuatkan. Its just a matter of time you will have a baby," tulis Hanum di Instagram.

Waktu pun berlalu. Cerita kehilangan berganti menjadi sebuah kebahagiaan. Hanum dikaruniai seorang anak pada tahun berikutnya. Dia pun mendekap anaknya dengan Amien Rais membantu mendorong kursi roda.

"@rangga_alma (suami Hanum) pernah bilang kepada saya, setelah Sarahza lahir. 'Num, kadang aku berpikir ekstrim ya mungkin kita berdua ini kan bukan orang yang saleh-saleh amat. Ngadepin hidup sering naik turun kadar imannya bahkan sering suuzon sama yang diatas, mungkin doa kita selama ini tidak dikabulkan sama Allah. Tapi Allah mengabulkan doa Bapak untuk kita karena ia orang saleh'," tulis Hanum menirukan ucapan suaminya.

Pada akhir tulisan keterangan foto pada Instagram, Hanum meyakini bahwa tudingan negatif terhadap ayahnya akan dihadapi dengan syukur.

"Itulah Amien Rais. Di Jumat Berkah ini, ia akan hadapi tudingan yang dialamatkan padanya itu dengan bersyukur dan tanpa sedikitpun rasa keder. Karena ia berperisai keyakinan bahwa Allah selalu bersama hamba-Nya yang berserah diri," tutur Hanum. (DET)

Subscribe to receive free email updates: