Adsense Header

Harga Pangan Naik Pasca Lebaran, Mendag Anggap Kenaikannya Masih Batas Wajar

Arahkompas.com - Pemerintah mengakui adanya kenaikan sejumlah bahan pangan pasca lebaran dan puasa. Namun demikian pemerintah mengklaim jika kenaikan tersebut masih di batas wajar dan tidak terjadi lonjakan signifikan terhadap beberapa bahan kebutuhan pokok.

"Ada sedikit kenaikan karena cuma satu dua pedagang yang baru buka, tapi itu jauh di bawah kondisi tidak normal pada tahun-tahun sebelumnya. H+1, H+2, dan H+3 di tengah kondisi belum buka semua, lonjakannya biasanya tinggi sekali dan ternyata ini juga tidak terlalu tinggi," ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kepada wartawan, Rabu (28/6).

Enggartiasto mengatakan, usai melakukan pengecekan ke sejumlah pasar, terjadi kenaikan beberapa harga bahan pangan yang dipicu belum normal aktivitas perdagangan di pasar tersebut.

Selain itu, kesadaran pedagang yang mulai tumbuh kata dia juga menjadi salah satu faktor harga bahan pokok tidak tinggi. Mereka yang kembali berjualan kata poltisi Golkar itu tidak tergiur untuk memanfaatkan situasi ini.

"Semua bisa terkendali dan ibu-ibu bisa tersenyum bahagia, tidak terbebani oleh pengeluaran yang tidak perlu," demikian Enggartiasto. (RMOL)

Subscribe to receive free email updates: