Adsense Header

Kapan Harus Menggunakan Pelembab Kulit ?

Memakai pelembab bisa mencegah serta mengatasi kulit kering. Namun, perlu diperhatikan kapan pelembab harus dipakai, terutama untuk wajah.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Jonathan Raharjo Subekti mengatakan pelembab untuk wajah sebaiknya digunakan setelah mencuci wajah.

"Jadi setiap kali habis cuci muka itu pelembab yang dipakai sebelumnya pasti hilang atau larut. Jadi kita harus pakai lagi," kata Jonathan kepada Kompas Lifestyle saat saat peluncuran Hydrabio Essence Lotion dan Hydrabio Gel Creme dari Bioderma di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Namun, kata Jonathan, bila kulit sangat kering, maka bisa dipakai lebih sering. Dia menambahkan pemakaian pelembab kulit bukan harus menunggu keluar rumah.

Pelembab bisa juga dipakai di dalam rumah dan mempertimbangkan kondisi kulit. Bila memang kering, maka harus segera dipakai. Diibaratkan seperti orang kehausan, maka harus segera minum, begitu juga dengan memakai pelembab kulit.

"Minimal dua kali sehari untuk menjaga kulit tetap lembab," ujar Jonathan.

Lantas bagaimana memilih pelembab kulit? Jonathan menganjurkan agar lebih dulu mengetahui kondisi kulit, apakah berminyak, kering atau sensitf. Sesuaikan pelembab sesuai dengan kondisi kulit.

Untuk kulit lembab, Jonathan menyarankan agar memilih pelembab berbentuk krim. Menurut dia, krim lebih tahan lama dibanding dengan lotion. "Jadi efeknya lebih bagus. Mengenai kandungan, bisa dipilih yang melembabkan," kata Jonathan.

Subscribe to receive free email updates: