Adsense Header

Kapolri Mengaku Telah Temukan Saksi Kunci yang Melihat Langsung Pelaku Penyiraman Novel


Arahkompas.comKapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan, pihaknya telah memperoleh satu saksi penting terkait kasus penyerangan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dua bulan lalu. Tito mengatakan, saksi tersebut melihat secara langsung pelaku penyiraman air keras terhadap Novel.
Saksi itu juga mengetahui tipologi pelaku penyiraman Novel, karakternya seperti apa, dan hal-hal lain yang terkait dengan pelaku. "Tadi tim (dari kepolisian) sudah menjelaskan mengenai progress terakhir mengenai 56 saksi yang telah diperiksa. Juga saksi yang melihat kejadian. Saksi tersebut sangat penting karena dia yang melihat saat kejadian," tutur dia dalam konferensi pers di kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/6).
Tito juga menyampaikan soal alasan kenapa saksi tersebut baru diketahui setelah dua bulan penyerangan. Menurut dia, setelah aksi teror kepada Novel, banyak saksi yang menutup diri dan tidak mau tampil di muka publik. Sehingga, tim dari kepolisian kesulitan untuk menemukannya. "Banyak juga yang tertutup, mungkin mereka takut, saya sering tangani kasus, saksi takut kalau muncul. Apalagi kalau kasus yang berkaitan dengan teror, kecuali kalau dari kalangan keluarga mungkin mau," kata dia.
Saksi tersebut, Tito melanjutkan, tidak bisa disampaikan nama ataupun inisialnya. Hal ini dilakukan demi keselamatan saksi yang bersangkutan.
Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian tiba di KPK pada sekitar pukul 13.30 WIB siang, Senin (19/6). Pertemuan berakhir pada sekitar pukul 16.00 WIB. Hadir bersamanya yakni Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Polisi Setyo Wasisto, Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Mochamad Iriawan dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono.

Subscribe to receive free email updates: