Adsense Header

Mengharukan!!! Di Lebaran Ini, Relawan dari Indonesia Bawa Kebahagiaan Bagi Anak-Anak Pengungsi Suriah


Arahkompas.com - Di Indonesia, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran identik dengan pakaian baru. Anak-anak utamanya, begitu antusias ketika diajak berbelanja baju lebaran. Apalagi ketika memasuki pekan kedua Ramadan, toko busana mulai dipadati pengunjung yang siap menyambut hari raya dengan penampilan yang fresh.

Jauh dari Indonesia, keriuhan serupa terlihat dari balik jendela suatu toko busana di kota Mersin, Turki. Minggu siang (11/6), toko busana tersebut dipenuhi pelanggan cilik. Mereka merupakan anak-anak pengungsi Suriah yang diasuh oleh lembaga kemanusiaan sekaligus mitra ACT di Mersin. Ya, hari itu adalah agenda mereka bersama Aksi Cepat Tanggap untuk berbelanja baju lebaran.

Sebelum perang meremukkan kampung halaman mereka di Suriah, momen berbelanja pakaian bersama orang tua mungkin pernah mereka alami. Namun, momen itu tidak lagi berlangsung saat ini. Sebagian besar dari mereka kehilangan orang tua akibat teror konflik di negaranya. Tahun demi tahun berlalu, menikmati momen berbelanja pakaian hanya tinggal angan. Setidaknya hingga Minggu siang itu.

Ketika tahu ACT akan mengajaknya berbelanja pakaian, anak-anak pengungsi gembira bukan main. Sesampainya di toko busana, mereka langsung menuju area di mana banyak pakaian anak dipajang. Dengan penuh semangat, mereka mulai memilih atasan, bawahan, sampai sepatu sesuai model dan warna yang mereka inginkan. Tak jarang, mereka saling berkonsultasi untuk menentukan pakaian mana yang sebaiknya dibawa ke kasir.

“Kami gembira bisa memilih sendiri baju kami,” kata seorang anak malu-malu. Sementara itu, anak-anak yang menemaninya turut menimpali, “Ini adalah berkah. Kami berharap ada kegiatan seperti ini lagi.”

Puas berbelanja, mereka tak ada habisnya membicarakan pakaian baru mereka kepada satu sama lain. Keceriwisan itu bahkan berlanjut ketika mereka menuju minibus. “Terima kasih Indonesia! Semoga Allah selalu memberi pertolongan bagi rakyat Indonesia,” seru anak-anak itu.

Kegembiraan serupa juga terekam sehari sebelumnya (10/6) di Reyhanli, salah satu kota di Turki yang berbatasan langsung dengan Suriah. Dalam ruangan yang cukup besar, anak-anak pengungsi berkumpul dengan riuhnya. Mereka siap mencoba beberapa pasang pakaian baru untuk dikenakan di hari raya.

Satu per satu nama mereka dipanggil. Saking semangatnya, beberapa anak berlari maju untuk menerima paketnya. Wajah mungil mereka sumringah, mata bundar mereka melebar, ketika melihat atasan, bawahan, pakaian dalam, ikat pinggang, dan sepatu dalam paket yang mereka terima. Dengan antusias mereka langsung mencoba apakah pakaian tersebut sesuai dengan ukuran tubuh mereka. Presiden ACT Ahyudin bahkan turut membantu mereka mengepaskan pakaian.

Bagi mereka, Lebaran tahun ini akan spesial. Ada baju baru yang akan dikenakan di hari raya. Pakaian berbahan kasih sayang dan kepedulian masyarakat Indonesia itu akan membalut Idul Fitri mereka dengan keceriaan.

----------

Alhamdulillah, tahap demi tahap amanah bangsa Indonesia untuk para pengungsi Suriah terus disalurkan. Insya Allah, ACT juga akan menyalurkan bantuan dalam sektor pendidikan bagi anak-anak Suriah yang mengungsi.

Mohon doa dan dukungan tertulus dari segenap bangsa Indonesia agar misi kemanusiaan ini terus berjalan lancar, serta senantiasa diridhoi-Nya. Aamiin ya Rabbal 'alamin..

#BukaHati #PuaskanBerbagi
#MenangkanRamadhan

Subscribe to receive free email updates: