Adsense Header

Pengunjung Berteriak-teriak Memanggil, Jokowi Bagi-bagi Buku Tulis dan Kaos di Ragunan

Arahkompas.com - Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, di siang yang terik kemarin (29/6) penuh sesak.

Ribuan orang berdiri berdesakan di trotoar sepanjang 1,5 kilometer di dalam kebun binatang itu, menanti kedatangan Presiden Joko Widodo yang juga ingin menikmati sisa libur Lebaran bersama keluarga di sana.

Sekitar pukul 13.00, Jokowi datang bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan dua anaknya, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Mereka lantas naik golf car menyusuri jalan sepanjang 1,5 kilometer menuju ke Pusat Primata Schmutzer.

Jokowi yang berada di balik kemudi beberapa kali memanggil warga yang mengacungkan tangan atau berteriak memanggil namanya.

Lantas mempersilahkan untuk berfoto bersama. Warga yang tidak dipanggil hanya bisa memfoto atau melambaikan tangan dari jauh.

Selain itu, Jokowi yang mengenaikan baju putih itu membagi-bagikan buku tulis dan kaos. Tidak sembarangan pengunjung bisa mendekat.

Puluhan pasukan pengaman presiden dibantu polisi dan petugas keamanan taman margasatwa itu sigap menjaga orang nomor satu di Indonesia itu.

Sudah tiga kali ini Jokowi mengunjungi Ragunan dan secara khusus masuk ke Pusat Primata Schmutzer seluas 13 hektare.

Dia memberi contoh membeli sebuah kartu sebagai tiket seharga Rp 60 ribu dengan saldo Rp 50 ribu.

”Masuk bayar Rp 3 ribu yang dewasa Rp 4 ribu. Kan murah meriah dan juga ada sisi edukasinya kan,” ujar Jokowi. Sedangkan masuk pusat primata itu dikenai lagi Rp 7.500 tiap pengunjung.

Jokowi sempat memberi makan sebiji kurma impor pada gorila dataran rendah barat bernama Kumbo. Keeper Gorila Dwi Suprihadi menuturkan pada saat Jokowi datang gorila berusia 22 tahun itu sedang waktunya mendapatkan makanan tambahan. ”Di sini gorilanya ada tiga,” ujar Dwi yang sejak 2012 itu merawat gorila.

Di area primata itu Jokowi berkeliling mengamati hampir satu jam. Dia juga masuk ke gua buatan untuk mengamati primata seperti orang utan, siamang, simpanse, atau lutung.

Sambil melihat-lihat primata itu, Kaesang yang membawa kamera terlihat mengabadikan momen kebersamaan keluarga istana itu.

Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Dina Himawati menuturkan kedatangan Jokowi memang cukup mendadak.

Dia baru mendapatkan kabar sekitar pukul 09.30 bahwa Jokowi akan berkunjung lagi ke Ragunan.

”Bikin spot jantung. Karena ini area terbuka pengamanan diperketat. Karena beliau (Jokowi) datang pada saat puncak kunjungan ke Ragunan,” ujar dia.

Total jumlah pengunjung Ragunan kemarin (29/6) sebanyak 114.496 orang. Jumlah tersebut lebih sedikit dari hari sebelumnya atau Rabu (28/6) sebanyak 135.823 pengunjung. (JPNN)

Subscribe to receive free email updates: