Adsense Header

Persiapan Ied, Inilah Doa Niat Mandi Hari Raya yang Perlu Diketahui

Arahkompas.com - Berikut akan kami share lafadz niat mandi sunnah hari raya idul fitri dan idul adha. Seperti diketahui, ada beberapa jenis mandi yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW, beberapa diantaranya yaitu mandi sebelum sholat jum'at, mandi setelah memandikan mayit, mandi sebelum hari raya idul fitri dan/atau hari raya idul adha dan masih banyak lagi.

Dari ‘Ali bin Abi Thalib, “Seseorang pernah bertanya pada ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengenai mandi. ‘Ali menjawab, “Mandilah setiap hari jika kamu mau.” Orang tadi berkata, “Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?” ‘Ali menjawab, “Mandi pada hari Jum’at, hari ‘Arofah, hari Idul Adha dan Idul Fithri.” (HR. Al Baihaqi 3/278. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Lihat Al Irwa’ 1/177)


Bacaan niat mandi hari raya idul fitri dan niat mandi sunah hari raya idul adha
Ilustrasi: Mandi hari raya (idul fitri / idul adha)


Dari hadits diatas sudah sangat jelas, bahwa mandi sebelum melaksanakan sholat hari raya adalah sunnah atau dianjurkan oleh Rasulullah, baik itu hari raya idul fitri maupun hari raya idul adha. Dan berikut adalah bacaan doa / niatnya secara lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya.

Niat Mandi Sunnah Hari Raya Idul Fitri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
NAWAITUL GHUSLA LIYAUMI 'IIEDIL FITHRI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA
Artinya :
Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta'ala

Niat Mandi Hari Raya Idul Adha (Sunah)

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ اْلاَضْحَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
NAWAITUL GHUSLA LIYAUMI 'IIEDIL ADHAA SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA
Artinya :
Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta'ala


Video Niat Mandi Sunah Hari Raya


Itulah bacaan niat mandi sunah hari raya idul fitri dan idul adha lengkap arab, latin dan artinya. Jangan lupa, sebelum berangkat ke masjid untuk sholat idul fitri dan/atau sholat idul adha, terlebih dahulu disunnah untuk mandi dan membaca niat mandi hari raya, tinggal kita sesuaikan saja, apakah hari raya idul fitri atau hari raya idul adha, karena niatnya berbeda dan semuanya sudah kami jelaskan diatas.  

Subscribe to receive free email updates: