Adsense Header

Apple Siapkan "Chip" yang Lebih Cerdas untuk iPhone dan iPad?

 Apple adalah salah satu pelopor penggunaan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan di gadget melalui asisten digital Siri yang sanggup menjalankan ponsel lewat perintah suara.

Ke depan, Apple disinyalir berencana mengembangkan kemampuan AI di gadget dengan membuat chip khusus bernama " Apple Neural Engine".

Chip yang keberadaannya diungkapkan oleh sumber internal Apple ini nantinya akan tertanam di iPhone dan iPad untuk menangani tugas-tugas terkait AI, seperti pengenalan wajah dan suara.

Menyediakan hardware khusus untuk mengolah kecerdasan buatan bisa membuka peluang menanamkan kemampuan AI yang lebih canggih.

Implementasinya pun tak terbatas hanya di gadget mobile, melainkan juga di bidang-bidang lain yang juga memanfaatkan AI, seperti mobil swa-kemudi dan augmented reality, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (30/5/2017).

Apple membutuhkan AI yang lebih canggih agar tetap kompetitif dibandingkan perusahaan-perusahaan lain yang juga menawarkan AI, seperti Amazon (Echo) dan Google (Home).

Google belakangan diketahui telah mengumumkan perluasan implementasi AI besutannya hingga turut mencakup ranah ponsel, speaker, dan mobil. Sementara Apple diprediksi akan membuat pengumuman serupa pada ajang WWDC Juni mendatang.

Apabila benar ada, maka chip " Apple Neural Engine" bukan hal aneh karena Apple sebelumnya sudah pernah membuat chip motion-coprocessor khusus (M series) untuk mengolah aneka data fitness di iPhone.

Subscribe to receive free email updates: