Adsense Header

Drone Sudah Bisa Dikontrol lewat Internet 4G

 Qualcomm telah melakukan uji coba mengenai pemakaian koneksi 4G LTE untuk mengendalikan drone atau pesawat tanpa awak. Hasilnya menunjukkan bahwa ide tersebut bisa saja diwujudkan.

Perusahaan pembuat chipset itu melakukan lebih dari 1.000 kali uji coba penerbangan drone. Sepanjang pengujian itu, drone bisa terbang dan dikendalikan menggunakan sinyal 4G LTE.

Selain itu, karena menggunakan sinyal 4G LTE maka drone tersebut bisa selalu terhubung ke internet. Kegiatan seperti live streaming atau komunikasi berbasis data lainnya juga bisa dilakukan.

Namun, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Sabtu (6/5/2017), pengendalian memakai sinyal 4G LTE ini memiliki batas ketinggian. Sejauh pengujian tersebut, drone tetap bisa terhubung dengan sinyal 4G LTE hingga maksimal ketinggian 121 meter.

Drone ini juga dibekali dengan software yang sanggup memilih kekuatan sinyal. Software tersebut membuat drone otomatis terhubung ke base transceiver station (BTS) dengan sinyal 4G LTE terkuat.

Pengujian ini masih tahap awal. Setelah terbukti bahwa sinyal 4G LTE bisa dipakai mengendalikan drone, di tahap berikutnya Qualcomm akan melakukan pengembangan lain.

Beberapa di antara pengembangan tersebut adalah meminimalisir interferensi sinyal yang biasanya terjadi di ketinggian, lalu memperkuat pancaran sinyal sehingga bisa memungkinan lebih banyak drone berbasis 4G LTE yang terbang bersamaan.

Selain itu Qualcomm juga berniat memodifikasi software pemindai kekuatan sinyal di drone tersebut. Harapannya agar kemampuan pemilihan sinyal menjadi semakin baik dan efektif.

Sekarang Qualcomm sudah membagikan hasil penelitian ini kepada organisasi telekomunikasi 3GPP. Tidak menutup kemungkinan teknologi drone 4G LTE ini bisa terwujud dalam waktu dekat.

Subscribe to receive free email updates: