Adsense Header

Kamera Android Nokia Bakal Diperkuat Lensa Carl Zeiss

 Dulu, nama Carl Zeiss di dunia smartphone identik dengan Nokia. Kedua perusahaan memang menjalin kerja sama selama bertahun-tahun untuk membuat modul kamera di ponsel Nokia. Namun kerja sama keduanya terhenti semenjak Nokia menjual divisi ponselnya ke Microsoft pada 2014.

Belakangan, kedua perusahaan mengumumkan bakal kembali berkolaborasi soal urusan kamera ponsel. Nokia kali ini diwakili oleh HMD Global, perusahaan Finlandia yang memegang lisensi utnuk memproduksi ponsel-ponsel Nokia.

Lensa-lensa Zeiss pun akan kembali disematkan di produk-produk smartphone masa depan Nokia yang kini berbasis Android.

Kerja sama keduanya pun tidak hanya terbatas pada desain lensa kamera ponsel saja, melainkan juga hal-hal lain yang masih terkait dengan digital imaging, seperti software dan layar.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Jumat (7/7/2017), baik HMD ataupun Zeiss masih belum mau mengungkap jadwal kehadiran perangkat Android Nokia pertama yang berlensa Zeiss.

Bersama Zeiss, di tahun-tahun terakhir sebelum melego bisnis ponselnya ke Microsoft, Nokia sempat menelurkan sejumlah produk dengan fitur kamera yang inovatif. Misalnya saja, ponsel berkamera 41 megapiksel Nokia PureView 808 yang dilanjutkan dengan Lumia 1020.

Zeiss sendiri dikenal sebagai pabrikan lensa dengan reputasi mentereng di dunia kamera. Namun, kalaupun kembali berkolaborasi, Nokia dan Zeiss menghadapi tantangan berat karena para rivalnya sudah melakukan berbagai inovasi di sektor ini, seperti misalnya fitur kamera ganda.

Subscribe to receive free email updates: