Adsense Header

Kapolda Metro soal Foto Semeja dengan Pembacok Hermansyah: (Itu) Taktik Psikologis


Arahkompas.com - Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan angkat bicara mengenai foto dirinya dengan dua tersangka pembacok ahli IT Hermansyah, yang dibumbui tuduhan miring. Apa penjelasan Iriawan?

"Urusan foto itu sangat biasa di cara kerja Polri," kata Iriawan, mengawali penjelasannya, Rabu (12/7/2017).

Jenderal bintang dua itu menyatakan hal yang harus dilawan adalah perilaku kejahatan itu sendiri. Sedangkan untuk pelaku, apalagi pelaku yang kooperatif, polisi juga dituntut tetap humanistis.

"Polri punya prinsip fight the crimes not the person. Yang kita perangi kejahatannya, bukan orangnya. Jadi bersikap humanis kepada tersangka juga harus dilakukan, apalagi tersangka yang kooperatif dan mengaku bersalah," kata Iriawan.

"Taktik psikologis pendekatan kepada tersangka agar mereka bercerita jujur dan apa adanya, bukan mengaku karena tekanan. Zaman gini era keterbukaan kok masih banyak orang yang nggak ngerti cara kerja polisi ya," ucap Iriawan.

Mantan Kapolda Jabar ini membandingkan perlakuan terhadap pelaku tindak pidana umum, seperti penganiayaan, dengan kasus korupsi, yang mengenal istilah justice collaborator.

"Koruptor saja ada perlakukan khusus untuk justice collaborator, mendapat hukuman ringan. Apalagi cuma kasih kue putri salju dapat kompensasi dia cerita jujur," kata Iriawan.

Subscribe to receive free email updates: