Adsense Header

Rossi dan Dilema di Lintasan Basah atau Kering

Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, akan memulai balapan GP Jerman di Sachsenring, Minggu (2/7/2017), dari posisi start ke-9.

Pada sesi kualifikasi yang berlangsung di lintasan basah, Sabtu (1/7/2017), Rossi dan para pebalap Yamaha mengalami kesulitan.

"Sayangnya, di lintasan basah saya kesulitan. Sepertinya semua pebalap Yamaha, kecuali (Jonas) Folger, lebih lambat dari pebalap Honda dan Ducati," kata Rossi setelah sesi.

"Sesi kualifikasi berjalan sulit dan kami sudah mencoba banyak hal berbeda, tetapi kami tidak pernah cukup kuat," kata dia lagi.

Folger yang tergabung di tim Monster Yamaha Tech3 akhirnya mengunci posisi start ke-5, hasil terbaik yang didapat pebalap dengan motor Yamaha.

Rekan satu tim Rossi, Maverick Vinales, akan memulai balapan dari posisi start ke-11. Sementara itu, rekan satu tim Folger, Johann Zarco, mendapatkan tempat start ke-19.

"Zarco, dengan motor 2016, pekan lalu mendapatkan pole position (GP Belanda di Sirkuit Assen), lalu setelah satu minggu, di kondisi yang sama (lintasan basah Sachsenring) dia berada di urutan ke-19," kata Rossi.

"Saya kuat di Sirkuit Assen saat lintasan basah. Di sini, saya lebih kesulitan. Ini sangat sulit untuk dimengerti," ucap pemilik sembilan gelar juara dunia di semua kelas tersebut.

Rossi juga mengatakan bahwa feeling dengan motor sangat berbeda jika dibandingkan dengan tahun lalu.

"Akhir pekan ini sepertinya cuaca sangat gila dan selalu berubah-ubah. Apa pun bisa terjadi saat balapan," kata pebalap 38 tahun tersebut.

"Sejujurnya, saya berharap balapan berlangsung di lintasan kering karena saya bisa lebih dekat (dengan pebalap di depan). Namun, kami harus memodifikasi beberapa hal untuk dua kondisi dan mencoba untuk lebih kuat," kata dia lagi.

Posisi Rossi akan semakin sulit jika terjadi perubahan cuaca saat balapan yang memaksa para pebalap berganti motor (flag-to-flag).

Pada GP Jerman, Rossi hanya punya satu motor dengan sasis baru. Motor keduanya merupakan sasis lama. Rossi mengaku merasa nyaman dengan sasis baru.

"Masalahnya adalah saya merasa nyaman dengan sasis baru saat di lintasan kering atau basah," kata Rossi.

"Saya rasa, kami akan mulai dengan sasi baru... atau mungkin sebaliknya. Sudah pasti ini bukan situasi sempurna, tetapi inilah yang terjadi," ujar dia.

Balapan GP Jerman akan berlangsung di Sachsenring, Minggu (2/7/2017), mulai pukul 14.00 waktu setempat (19.00 WIB).

Subscribe to receive free email updates: