Adsense Header

Samsung Pamer Layar Lentur Seperti Balon Karet

Selain teknologi layar OLED fleksibel, Samsung rupanya juga mengembangkan display jenis lain yang bersifat lentur sehingga bisa "melar" (stretchable).

Panel layar tersebut untuk pertama kalinya dipamerkan oleh Samsung di ajang Society for Information Display yang berlangsung pekan ini di di Los Angeles, Amerika Serikat.

Layar lentur bikinan Samsung bisa melar hingga 12 mm tanpa pecah saat ditekan. Meski begitu, ketika ditekan pun, layar mampu mempertahankan resolusi tinggi.

Saat sudah tidak ditekan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Jumat (26/5/2017), si layar lentur akan kembali ke bentuk asalnya yang lurus.

"Berbeda dari OLED flaksibel konvensional yang hanya bisa ditekuk ke satu arah, layar OLED lentur bisa dimelarkan ke lebih dari dua arah," sebut Samsung dalam keterangannya.

"Saat ditekan, layar lentur akan bersikap layaknya balon karet sebelum kembali ke bentuk awal. Layar memiliki elastisitas untuk melakukan hal tersebut," lanjut Samsung.

Unit layar OLED lentur yang dipamerkan oleh Samsung dalam kesempatan itu memiliki ukuran sebesar 9,1 inci.

Kemungkinan aplikasinya sangat luas. Si layar lentur, misalnya, bisa dipakai sebagai display arloji pintar yang anti-pecah. Bisa juga di aneka perangkat home appliance atau internet of things.

Namun, perlu ditambahkan bahwa pengembangan layar lentur ini masih berada dalam tahap sangat awal. Masih belum diketahui kapan ia akan siap untuk penggunaan komersil.

Subscribe to receive free email updates: