Adsense Header

SOLEH DAN BERPRESTASI, Gubernur Sumbar Tak Menyangka Dianugerahi Democracy Award

Arahkompas.com - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, menyambut hangat kedatangan Kantor Berita Politik (KBP) RMOL di rumah dinasnya, di kota Padang, Sumatera Barat.

Rabu sore (19/7), Pemimpin Perusahaan KBP RMOL, Dar Edi Yoga, dan Pemimpin Redaksi KBP RMOL, Aldi Gultom, menyampaikan kepada Irwan bahwa ia menjadi satu-satunya gubernur yang menerima penghargaan Democracy Award pada kegiatan Malam Budaya Manusia Bintang 2017.

"Jujur, saya benar-benar tidak menyangka akan mendapat penghargaan ini. Saya ucapkan terimakasih kepada RMOL," ungkap Irwan.

Irwan menerima KBP RMOL dengan didampingi Kabiro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal.

Malam Budaya Manusia Bintang akan diselenggarakan untuk ke-12 kalinya pada tahun ini. Tepatnya, pada Sabtu pekan depan (29/7) di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat. Agenda utamanya adalah pemberian penghargaan kepada anak-anak bangsa yang memberi sumbangan besar bagi pembangunan demokrasi Indonesia, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan layak menjadi contoh di tengah krisis keteladanan. Selain Irwan, ada beberapa nama besar lainnya yang akan menerima penghargaan dalam agenda tersebut. 

Di bawah kepemimpinan Irwan yang menjalani periode kedua, Pemprov Sumatera Barat sudah menerima banyak sekali penghargaan di berbagai bidang dalam enam tahun terakhir. Misalnya, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Sumbar sudah lima kali berturut-turut memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI.

Pekan lalu lalu, Irwan menjadi satu-satu gubernur di Indonesia penerima Satyalancana Pembangunan Bidang Kependudukan tahun 2017 dari Presiden Joko Widodo. Tak lama sebelumnya, Jokowi juga menganugerahinya dengan Satyalancana Pembangunan Bidang Pangan.

"Saya tidak pernah mencari-cari penghargaan. Yang saya lakukan cuma bekerja sebaik-baiknya," lontar Irwan mengenai ratusan penghargaan yang diterimanya.

Di samping berbagai prestasi bidang pemerintahan, Irwan punya kelebihan unik. Bisa jadi Irwan adalah satu-satunya kepala daerah yang mampu menyampaikan pidato yang seluruhnya terdiri dari rangkaian pantun. Dalam satu hari di tengah kesibukannya sebagai kepala daerah, ia bisa melahirkan puluhan pantun spontan. Ia mencatat pantun-pantun itu di dalam handphone "jadul"-nya, dan kemudian ia bacakan di setiap kesempatan seperti peresmian, pembukaan acara, atau bahkan saat menegur bawahan.

"Memarahi kami pun pakai pantun," selak Kabiro Humas, Jasman, yang disambut tawa Irwan.

Dalam pertemuan yang akrab itu, KBP RMOL diberikan buah tangan berupa empat jilid buku "Pantun Spontan Irwan Prayitno" yang berisi lebih dari 8200 pantun ciptaannya. (RMOL)

Subscribe to receive free email updates: