Adsense Header

Survei Lembaga Internasional: Rakyat Indonesia BAHAGIA DIPIMPIN JOKOWI

Arahkompas.com - Hasil lembaga survei internasional Gallup World Poll (GWP) yang menyatakan Indonesia sebagai peringkat pertama negara dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi pada pemerintah perlu diapresiasi.

Penilaian lembaga survei tersebut sudah pasti membuat kebanggaan tersendiri bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang selama ini menginginkan investor dan para turis merasa aman dan nyaman dengan kondisi Indonesia.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemkominfo) Niken Widiastuti.

“Pemerintahan Jokowi memang pantas bangga dengan hasil survei ini. Apalagi Indonesia berada di atas negara-negara yang masuk dalam lima besar negara paling bahagia,” ulas Niken di Jakarta, Sabtu (22/7).

Hasil survei negara paling bahagia yang dilakukan oleh PBB dalam laporan World Happiness Report alias Laporan Kebahagiaan Dunia 2017 adalah: 1. Norwegia; 2. Denmark; 3. Islandia; 4. Swiss; 5. Finlandia; 6. Belanda; 7. Kanada; 8. Selandia Baru; 9. Austria; 10. Swedia.

Indonesia sendiri berada di peringkat ke-81 dari 155 negara dari hasil survei di atas. Dalam survei ini, yang diukur adalah perhatian, kebebasan, keramahan, kejujuran, kesehatan, pendapatan, dan pemerintahan yang baik.

Menurut Niken, hal ini menunjukkan bahwa pemerintahan Jokowi sangat dipercaya mampu melakukan perubahan lebih baik terhadap kondisi Indonesia yang berada di peringkat ke-81 negara paling bahagia.

Seperti diketahui pertengahan 2017, sebuah prestasi dan penilaian membanggakan diraih Pemerintahan Republik Indonesia. Berdasarkan data Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dalam publikasinya Government at a Glance 2017 yang dipublikasikan pada 13 Juli 2017, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk Trust and Confidence in National Government.

Penjelasan tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati usai memberikan laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, Jakarta.

Data Gallup berasal dari Jajak Pendapat Dunia Gallup (Gallup World Poll/GWP) merupakan survei yang digunakan untuk mengukur tingkat kepercayaan terhadap pemerintah.

Survei tersebut merupakan satu-satunya yang mengumpulkan data mengenai tingkat kepercayaan kepada pemerintah di negara OECD dan negara-negara besar lainnya. (R)

Subscribe to receive free email updates: