Adsense Header

Tak Memiliki Ijin, Patung Raksasa Dewa Perang China di Tuban Akhirnya Ditutup Kain Putih


Arahkompas.com - Setelah menjadi viral dan banyak menimbulkan perdebatan di kalangan Nitizen, keberadaan Patung Dewa Perang China Kongco Kwan Sing Tee Koen yang berada di halaman belakang Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Tuban akhirnya ditutup dengan kain putih, Sabtu (5/8/2017).

Patung dewa yang menjadi viral di jagad maya itu ditutup dengan menggunakan kain putih. Proses penutupan berlangsung selama beberapa jam dengan menggunakan kendaraan crane untuk memasang kain putih guna mengelilingi patung dewa tersebut.

Seperti dilansir beritajatim.com, sejumlah personil Tim Vertikal dari Sar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban membantu untuk menutup patung dewa tersebut.

Beberapa personil dari Tim Vertikal dikerahkan untuk ikut memasang kain putih yang menutupi keberadaan patung dewa itu.

"Kita diminta bantuan untuk ikut menutup patung dengan pakai kain putih," terang Joko Ludiono, Kepala Pelaksana BPBD Tuban saat mengkoordinir timnya memasang kain itu.

Seperti diberitakan Kabartuban.com, Patung Dewa Perang Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen yang telah dinobatkan sebagai patung tertinggi se-Asia dengan ketinggian 30,4 meter, ternyata tidak memiliki ijin resmi bangunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Tuban.

“Sejauh ini pendirian patung itu tidak ada ijin dari Pemkab Tuban, sehingga masih ilegal,” kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban HM. Miyadi, Senin, (31/7/2017).

Dalam proses pendiriannya juga sempat dilarang oleh Pemkab Tuban dan dihentikan, akan tetapi pengurus Klenteng Kwan Sing Bio masih nekat meneruskan hingga ada peresmian patung.

Subscribe to receive free email updates: